MENYERAMKAN! Terkenal di Dunia, Ternyata 5 Tradisi Pemakaman Unik Ini Hanya Ada di Indonesia!

Posted on

Muslimodern.com – Bagi hampir semua suku bangsa di Indonesia, kematian adalah momen yang sangat besar. Seperti halnya kelahiran atau pernikahan, kematian juga harus disambut dengan acara besar meski pun itu acara duka cita. Pelaksanaan upacara ini dilakukan untuk menghormati orang yang telah tiada itu dengan baik atau untuk mencegah kesialan kalau jenazah tidak diperlakukan dengan baik.

MENGEJUTKAN! Terkenal di Dunia, Ternyata 5 Tradisi Pemakaman Unik Ini Hanya Ada di Indonesia!

Masing-masing suku bangsa di Indonesia memiliki tradisi pemakaman yang sangat unik. Bahkan, di belahan bumi mana pun tidak akan ditemukan upacara seperti ini. Yuk, simak upacara pemakaman unik yang hanya ada di Indonesia!

1. Kuburan Bayi dalam Pohon – Toraja

Kuburan Bayi dalam Pohon – Toraja

Kubur bayi di dalam pohon Tarra terletak di kawasan Kambira, Tana Toraja. Bayi yang meninggal dan belum memiliki gigi akan dimasukkan ke dalam pohon yang penuh getah. Prosesi pemakaman ini sering disebut dengan Passiliran dan dilakukan secara sederhana, berbeda dengan Rambu Solo.

Dipilihnya pohon Tarra sebagai maka karena pohon ini memiliki getah yang banyak. Getah ini diibaratkan sebagai air susu dan ruangannya dianggap sebagai rahim. Oh ya, pengembalian bayi ke dalam pohon Tarra juga dilakukan agar kelak bayi ini bisa lahir lagi dari rahim ibu yang sama.

2. Pemakaman Trunyan – Bali

Pemakaman Trunyan – Bali

Pemakaman trunyan dikenal sangat unik sehingga menarik banyak sekali wisatawan dunia untuk datang. Di tempat ini, jenazah tidak dikubur di dalam tanah seperti yang banyak dilakukan di dalam tanah. Mereka yang sudah meninggal akan ditaruh di atas tamah. Mereka hanya akan ditutup dengan anyaman bambu agar tidak terlihat dari luar.

Oh ya, pemakaman di Trunyan ini sama sekali tidak menimbulkan bau busuk. Pohon-pohon yang ada di sekitar sini dipercaya menyerap bau busuk dari mayat.

3. Ngaben – Hindu Bali

Ngaben – Hindu Bali

Ngaben adalah salah satu upacara pemakaman paling unik yang ada di Bali. Dalam acara ini, jenazah akan dibakar bersama dengan benda-benda unik seperti patung, bunga, persembahan, dsb. Ngaben dilakukan sebagai simbol keikhlasan dari keluarga untuk melepas kepergian. Selain itu, ngaben juga digunakan untuk melepas roh dari keduniawian dan juga mengembalikan unsur Panca Maha Butha ke alam semesta.

Oh ya, setiap tahun ngaben selalu menarik banyak sekali wisatawan untuk datang. Bahkan bule dari luar negeri sangat antusias saat mengikuti rangkaian acaranya.

4. Mumifikasi Suku Asmat Papua

Mumifikasi Suku Asmat Papua

Adat pemakaman yang unik juga bisa ditemukan di daerah Papua tepatnya di kalangan suku Asmat yang merupakan salah satu suku asli Papua. Bagi Suku Asmat apabila ada tokoh adat yang merupakan pemimpin mereka atau orang yang berjasa dalam masyarakat adat setempat prosesi pemakamannya dilakukan dengan cara mayat orang yang sudah meninggal tersebut diproses untuk dijadikan mumi.

Proses pembalseman atau mumifikasi ini dilakukan dengan menggunakan ramuan alami yang mampu mengawetkan mayat orang yang sudah meninggal di Suku Asmat.

5. Ritual Tau-Tau di Toraja

Ritual Tau-Tau di Toraja

Pemakaman jasad orang meninggal dilakukan dengan memasukkan jasad tersebut ke dalam peti mati kecil di dalam sebuah goa. Setelah itu, masyarakat akan membuat patung yang mirip dengan orang yang telah meninggal dan meletakkannya di dekat goa sebagai bentuk peringatan.

Itulah beberapa tradisi pemakaman unik yang hanya ada di Indonesia. Pemakaman adalah sesuatu yang sakral bagi beberapa suku di Indonesia. Mereka rela mengeluarkan banyak sekali uang untuk membuat acara yang sangat meriah.

Bagi keluarga yang telah ditinggalkan, mengantar mereka yang meninggal dengan baik akan membuat hidup mereka menjadi lebih baik. Selain itu, arwah dari orang yang meninggal akan lebih cepat menuju surga sesuai dengan kepercayaan masing-masing.

Sumber: www.famous.id