MENGHARUKAN! Inilah Kisah Lengkap Perjuangan Lolyta Agustina Melawan Kanker Tulang Langka Sarkoma Ewing

Posted on

Muslimodern.com – Lolyta Agustina, remaja berumur 20 tahun yang mengidap kanker tulang langka (sarkoma ewing) meninggal dunia pada Senin, 16 Oktober 2017. Sebelum meninggal, kisah Lolyta sempat viral di internet. Lantas, seperti apa perjalanan hidup gadis yang periang ini?

MENGHARUKAN! Inilah Kisah Lengkap Perjuangan Lolyta Agustina Melawan Kanker Tulang Langka Sarkoma Ewing

Lolyta merupakan anak yang periang seperti remaja seusianya. Dia juga anak yang penuh semangat. Hal ini terlihat dari unggahan-unggahan di media sosial miliknya. Selain itu, melalui akun Instagramnya, dia juga membagikan perjalanan hidupnya sebelum akhirnya meninggal.

Berawal saat jatuh dari motor

Melalui Instagram, Lolyta menceritakan awal mula dia terkena penyakit langka tersebut. Dalam unggahannya pada 12 Oktober 2016, dia mengatakan bahwa hal itu berawal saat dirinya terjatuh dari motor.

“Yup ini penampakan kaki aku tiga minggu yang lalu. Aku mau cerita dikit untuk share buat kalian dan kali aja ada yang bisa ngasih solusi ke aku. Awalnya aku jatoh dari motor setelah berangkat dari acara nikahan temen aku & aku dibonceng,” tulisnya dalam keterangan foto yang diunggahnya tersebut.

Berawal Saat Jatuh dari Motor

Dalam unggahan tersebut dia juga menjelaskan, saat terjatuh dari motor dia hanya mengalami lecet dan berdarah pada dengkulnya. Selain itu, dia tidak memperhatikan kondisi mata kakinya. Setelah beberapa hari dia baru menyadari engkel kanannya bengkak layaknya orang keseleo. Namun, dia mengaku saat itu belum terasa sakit.

Keadaan berlanjut hingga dia mengalami benturan lagi. Kali ini Lolyta baru merasakan sakit. Saat itu, sang ibu membawanya ke tukang urut untuk dipijat. Keesokan harinya, Lolyta lalu mendaki gunung dan sepulangnya dari sana dia merasakan kakinya sakit dan kaku.

Sebulan kemudian, sang ibu kembali membawanya ke tukang urut, tapi hal itu tidak memberikan hasil. Setelah itu, Lolyta kembali diurut. Kali ini, tukang urut yang datang ke rumahnya. Sayangnya, kali ini Lolyta mengaku merasa sakit saat mendapatkan pijatan tersebut hingga ia menangis.

Terkena Kanker Langka

Pada hari yang sama, Lolyta juga mengunggah kisah tentang dirinya yang terkena kanker pada tulang kaki. Saat itu, dirinya berobat ke salah satu rumah sakit untuk berkonsultasi dengan dokter ortopedi.

Terkena Kanker Langka

Yang mengejutkan, saat itu dokter mengatakan bahwa kaki Lolyta harus diamputasi. Pasca-operasi, Lolyta mengaku merasakan sakit yang hebat pada kakinya. Selain itu, dia juga mengaku sulit untuk tidur. Selanjutnya, diagnosis lain membuat Lolyta lebih terkejut lagi, dia didiagnosis mengalami kanker tulang. Saat itu, kondisi kakinya semakin membesar.

Setelah dirujuk ke RSCM, Lolyta menjalani pemeriksaan darah, rontgen, MRI, dan CT Scan. Hasilnya, dia didiagnosis terkena tumor ganas stadium tiga. Tak hanya itu, penyakit tersebut juga sudah menyebar dan menyerang paru-parunya.

“Jadi aku kena kanker paru-paru juga. Dokter bilang sakit aku langka dan baru pertama kali ada di Indonesia dan kemungkinan kalau hasilnya aku terkena sarkoma ewing,” tulis Lolyta di akun Instagramnya, Rabu (12/10/2016).

Menjadi Viral

Akibat penyakit langka yang menyerang Lolyta tersebut, dia harus mendapatkan perawatan di rumah sakit. Meski begitu, Lolyta tidak kehilangan harapan dan semangat. Melalui Instagramnya, Lolyta mengunggah sebuah video pada Senin (19/10/2016). Dalam video tersebut, Lolyta mengatakan bahwa dirinya membutuhkan obat kemoterapi yang sulit dia temukan.

“Aku lagi membutuhkan obat kemo di apotik sini kosong dan mamahku udah nyoba kesana-kesini jg gaada nama obat kemonya dachiony. Yang nemuin obatnya kasih tau aku yaaaa,” tulisnya dalam keterangan video tersebut.

Video tersebut menjadi viral dan sudah ditonton sebanyak 1,9 juta kali. Selain pantang semangat, Lolyta juga dikenal sebagai sosok yang peduli dengan sesama. Hal ini terlihat dari foto dan video yang menunjukkan Lolyta sedang menyemangati banyak orang yang juga terkena kanker.

Sempat Membaik

Beberapa bulan setelah melakukan serangkaian pengobatan dan amputasi kaki sebelah kanan, keadaan Lolyta sempat membaik. Ditandai dengan keluarnya ia dari rumah sakit dan berat badan yang bertambah, tidak kurus lagi seperti saat ia mengalami masa kritis.

Sempat Membaik Lagi

Sempat Membaik

Bagi kamu yang mengikuti akun Instagramnya, mungkin kamu sempat melihat bagaimana perkembangan Lolyta dalam foto-foto yang diunggahnya.

Postingan Terakhir

Postingan Terakhir

Pada 5 September lalu dalam Instagramnya, Lolyta menceritakan bahwa dirinya ingin mencoba untuk melalukan therapy bawang dayak. “Aku mau mencoba therapy bawang dayak selagi berhenti chemotherapy & @hamada_tangerang juga sedang melakukan pencarian bawang dayak dalam masih berbentuk bawang atau capsul untuk aku konsumsi. Disini ada juga ga ya yang sedang melakukan therapy dengan bawang dayak? SHARE CERITA KALIAN THERAPY MENGGUNAKAN BAWANG DAYAK DI COMMENT YA GUYS,” tulis Lolyta.

Kini, perjalanan Lolyta harus terhenti untuk selamanya. Melalui akun Instagramnya, pihak keluarga mengatakan bahwa Lolyta telah pulang ke Rahmatullah pada Senin (16/10/2017) lalu.

Lolita Telah Berpulang

Doa dan ucapan belasungkawa datang tak hanya dari keluarga dan kerabat, tetapi juga dari netizen yang kagum akan sosoknya. Selamat jalan, Lolyta. Kamu sudah nggak sakit lagi. :’)

*Dikutip dari Berbagai Sumber