Begini Wujud Mobil Listrik BMW i3 yang Diperkenalkan di GIIAS 2017

Posted on

Tangerang – Perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, 10-20 Agustus, dijadikan PT BMW Group Indonesia sebagai kesempatan untuk totalitas memamerkan beragam model mobil mewah andalannya.

Setidaknya BMW memperkenalkan dua mobil baru. Namun satu diantaranya yang menjadi perhatian adalah sebuah mobil listrik yaitu BMW i3.

Mobil ini memiliki keunikan di mana seluruh desainnya memperlihatkan sebuah mobil yang ramah lingkungan serta berdimensi kompak dan tentunya sarat akan kepraktisan. Selain itu seluruh pembuatannya diklaim bebas polusi dan 94% bahan dasar yang digunakan membangun mobil ini dapat didaur ulang.

“BMW i3 memiliki konsep yang sama dengan BMW i8. Kedua model ini menggunakan mesin listrik. Setiap proses dan bahan yang digunakan dalam produksi berorientasi pada konsep keberlanjutan dan masa depan,” jelas Karen Lim, President Director BMW Group Indonesia di ICE BSD, Tangerang, Kamis (10/08/2017).

Mobil ramah lingkungan ini sebenarnya hadir dengan tenaga listrik yang juga digabung mesin bensin. Maka sebuah mesin kecil berkapasitas 647 cc bertenaga 34 dk pun dihadirkan BMW pada mobil mungil ini.

Namun mesin konvensional tersebut hanya bersifat untuk mengisi ulang kembali baterainya, bukan sebagai sumber daya utama.

Motor listriknya menggunakan baterai berukuran 94 Ah dan memiliki kemampuan menghasilkan tenaga 170 dk dengan torsi 250 Nm.

Baterai sebesar itu mampu memberikan jarak perjalanan sejauh 180 km dan ditambah dengan range extender dari unit mesin bakar dua silindernya yang mampu menambah hingga 150 km.

Selain itu BMW Indonesia juga perkenalkan varian baru dari BMW Seri-5 yaitu 520d Luxury Line yang sudah dirakit secara lokal di Indonesia. “Varian terbaru ini menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia akan kendaraan bermesin diesel yang berkualitas,” terang Karen.

BMW Seri-5 dengan unit mesin diesel 2.000cc empat silinder turbo ini bertenaga 190 dk dengan torsi 400 Nm. Tenaga itu disalurkan ke roda belakang melalui transmisi otomatis Steptronic 8 percepatan. BMW mengklaim mobil ini mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 7,5 detik.

Dengan trim Luxury Line, ia hadir dengan segala fitur yang sama dengan 530i Luxury Line, namun tanpa dilengkapi automatic tailgate, rear seat entertainment, tv function, sliding roof, ambient air package, sound system Harman Kardon, dan paddle shift.

BMW Group Indonesia menjual 520d Luxury Line seharga Rp1,009 miliar dan telah tersedia di seluruh diler resmi BMW bersama dengan 530i Luxury Line dan M Sport yang sudah diperkenalkan lebih dahulu.

Sumber: Inilah.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.