10 Cara Untuk Meningkatkan Kecepatan Motor Yamaha Vixion

Posted on
Sebelumnya saya pernah membagikan kepada anda sebuah informasi dan tips cara membuat kembali STNK yang hilang, dan untuk sekarang saya akan membagikan sebuah informasi yang bisa bermanfaat bagi anda yang mempunyai motor yamaha new vixion yaitu, cara menambah kecepatan motor yamaha new vixion. Salah satu pabrikan motor yang bermarkas di Jepang ini kemarin – kemarin baru saja mengeluarkan seri motor terbarunya yaitu Yamaha YZH R250, sebuah motor sport yang mempunyai mesin kokoh dengan CC250, cocok sekali bagi anda yang suka dengan sepeda motor dan kecepatan.

10 Cara Untuk Meningkatkan Kecepatan Motor Yamaha Vixion
Berbicara dengan kecepatan pastinya ada beberapa orang yang tidak puas dengan kecepatan yang di berikan motornya sendiri, seperti halnya motor dari yamaha new vixion, untuk anda yang mempunyai motor vixion adakalanya kita ingin sekali mengupradge mesinnya agar lebih cepat dari sebelumnya. Namun terkadang kita takut salah dan bisa saja malah merusak motor kita sendiri, mengingat New Vixion sudah di lengkapi dengan system injeksi yang harus menghubungkan data dari mesin ke laptop atau komputer. Nah di bawah ini ada beberapa tips yang bisa membuat motor New Vixion berlari lebih cepat dari sebelumnya.
1. Perhatikan Busi
Untuk menambah kecepatan dari New Vixion anda bisa mengganti busi motor anda dengan busi Iridium, busi ini memiliki ketahanan panas yang cukup baik di bandingkan dengan busi yang lainnya. Dan kelebihan lainnya yaitu busi Iridium bisa mempercikan api cukup besar di bandingkan dengan busi yang biasa. Untuk motor bersistem injeksi ada baiknya pilih busi dengan kode R, untuk Yamaha New Vixion sendiri bisa menggunakan busi NGK CR8EIX, untuk harganya pun cukup ekonomis yaitu sekitar Rp.100.000 ,-
2. Gunakan 9Power
Benda kecil ini mempunyai peran penting untuk menambah daya kecepatan motor anda, 9power ini bisa anda tempelkan di bagian dekat busi dan juga dengan kabel koil menuju besi, jika anda tidak tahu bisa anda suruh pekerja dibengkel motor. 9power ini mempunyai fungsi untuk penyempurnakan pengapian pada busi, selain itu jika anda menggunakan benda ini akselerasi, power, dan speed bisa meningkat pada motor anda. Untuk harganya sendiri cukup murah yaitu sekitar Rp.40.000,-
3. Knalpot
Para pencinta dan yang tahu seluk beluk motor pastinya sudah tahu bahwa mengganti knalpot bisa membuat kecepatan sepeda motor meningkat walaupun beberapa persen. Nah hal tersebut juga berlaku pada motor new vixion, namun anda harus benar – benar tahu sebelumnya beberapa merek knalpot yang sudah terkenal dan juga bagus pada motor sport. Merek knalpot yang bagus dan sudah banyak penggunanya di Indonesia diantaranya R9, RX8 atau Sakura.
4. Bensin
Mungkin yang satu ini jarang sekali di perhatikan oleh pengguna motor, kita sudah tahu bahwa bensin pertamax lebih jauh bersih dan juga bagus di bandingkan dengan bensin premium, dengan kata lain bensin pertamax sangat bagus pada mesin motor anda. Dan tidak menutup kemungkinan bahwa motor anda terasa lambat karena konsumsi bahan bakar bensin premium. Walaupun anda sudah melakukan hal – hal diatas seperti mengganti busi dan menambahkan beberapa vitur untuk menambah daya kecepatan, hal tersebut akan menjadi sia – sia jika anda masih saja menggunakan bensin premium.
5. Setting Kopling
Selain memperhatikan penggunaan knalpot atau juga bensin, kecepatan dari sebuah motor bisa terupradge pada saat perpindahan gigi dengan cepat dan halus tanpa adanya hentakan, hal tersebut membuat kecepatan motor meningkat selain itu juga motor pun bisa gesit dan handling yang mantap. Oleh karena itu mengupradge kopling pun menjadi salah satu tips untuk menambah kecepatan sebauh motor, penggantian seperti kanvas dan pegas atau per kopling bisa anda ganti dengan per kopling diganti dengan per yang lebih keras dan kuat. Komposisi kanvas sendiri meliputi empat buah berukuran besar dan satu buah berukuran kecil keduanyadiubah dengan cara satu buah kanvas berukuran kecil itu diganti dengan kanvas ukuran lebar. Dengan penggantian seperti tadi ada perubahan kecepatan di Yamaha Vixion yaitu dari 13 daya kuda, menjadi 14,3 daya kuda.

6. Menyeting CO Vixion
Pada dasarnya CO antara satu motor Yamaha Vixion dengan Yamaha Vixion lainnya berbeda, oleh karena itu menyetel CO Vixion sangat berpengaruh pada kecepatan motor Vixion anda. Selain itu juga bagi motor Vixion anda yang sudah dioprek bagian mesinnya, ada baiiknya anda naikan stelan CO seperti contohnya +10. Hal sama juga berlaku bagi motor Vixion yang sudah menggunakan busi iridium dan knalpot racing, hal tersebut dilakukan agar kebutuhan bahan bakar bensin pada ruang bakar menjadi lebih maksimal. Bagi anda yang belum berpengalaman dan takut salah menyetel CO ini, bisa anda bawa motor Vixion anda ke bengkel resmi Yamaha.


7. Mengganti CDI Bawaan dengan CDI Racing
Sebenarnya tips diatas tadi sudah bisa membuat motor vixion anda berlari lebih cepat, namun jika anda masih merasa lambat, mungkin mengganti CDI (ECU) bawaan dari Vixion dan diganti dengan CDI Racing akan terasa meningkat kecepatannya. Pada dasarnya CDI bawaan dari motor memang tidak bisa dibawa ngebut atau di kecepatan tinggi, karena memang CDI bawaan dari motor mempunyai limit atau batas pada RPM tertentu. Sehingga ketika anda ganti CDI bawaan tadi dengan CDI Racing maka limit dari CDI bawaan bisa tembus dan tentunya kecepatan motor pun akan cepat.

8. Mengubah Bagian Porting
Selanjutnya bagi anda yang ingin menambah performa kecepatan pada motor Yamaha Vixion bisa memperbesar bagian porting, porting sendiri adalah bagian paling penting pada sebuah mesin motor yang dimana mempunyai fungsi sebagai saluran semburan bahan bakar ke ruang bakar dan juga untuk saluran gas buang hasil dari pembakaran. Menyetting dan merubah bagian poting bertujuan untuk menyempurnakan proses pembakaran bahan bakar dari injektor ke ruang bakar mesin agar lebih lancar. Mengubah disini bukan berarti mengganti bagian porting polish namun menghilangkan lapisan kasar yang mempunyai bentuk seperti kulit jeruk. Dan yang harus diperhatikan ketika anda akan mengubah bagian ini yaitu pengurangan lapisan jangan lebih sampai 0.5 mm.

9. Menyetting ECU/Injeksi
Selain menyetting kopling dan juga CO Vixion ada hal lain agar motor vixion anda bisa lari lebih cepat yaitu menyetting injeksi atau ECU. Namun sebelum anda menyetting bagian ini ada baiknya anda harus tahu terlebih dahulu seluk beluk jenis motor injeksi karena tips yang satu ini cukup rumit. Pada intinya penyetelan ECU ini langsung berkaitan dengan sistem injeksi pada motor atau dengan kata lain anda harus menyetel dan menentukan kebutuhan udara dan bahan bakar pada saat dikeluarkan. Untuk penyetelannya sendiri bisa dibantu dengan alat FI diagnostic Tool, selain itu ada baiknya anda lakukan penyetelan tersebut saat menurunkan dan menaikkan setelan CO untuk mendapatkan tenaga yang lebih maksimal.

10. Mengganti Bagian Kelistrikan
Selanjutnya bagian kelistrikan yang mungkin bagi beberapa orang tidak ada pengaruhnya jika kita menyetel bagian ini. Perlu diketahui jika aliran listrik tidak sebanding dengan keadaan atau kondisi mesin maka performa motor anda pun akan ada gangguan pada saat dijalankan. Untuk motor Vixion sendiri anda bisa mencek bagian kelistrikan yaitu bagian ECU yang diganti dengan ECU BRT, lalu koil yang diganti dengan koil racing, dan terakhir anda bisa mengganti busi dengan jenis busi iridium.

Demikian tadi beberapa tips yang bisa anda coba untuk menambah daya gedor kecepatan pada motor New Vixion. Jika anda tidak tahu seluk beluk motor terutama pada sebuah mesin motor, ada baiknya bawa motor anda ke deler terdekat dari rumah anda, atau juga pergi ke bengkel yang sudah anda tahu sebelumnya bahwa bengkel tersebut mempunyai pekerja yang cukup bagus dalam hal mengoprek dan juga mengupradge sebuah mesin motor. Terima kasih sudah mengunjungi blog ini. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.